Pemamfaatan Sosial Media Sebagai Media Promosi Bagi UMKM


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Apa kabar semuanya!! saya berharap kalian baik-baik saja ya tetep menjaga protokol kesahatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini, semoga  Covid-19 ini segera berakhir musnah dari indonesia yang kita cintai ini. aminn…

sebelumnnya saya memperkenalkan diri saya ya, seperti pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” ..perkenalkan saya Azwir Pebriansyah sebagai penulis blog ini yang akan mengikuti perlombaan penulisan blog dari Qwords dengan Tema “Langkah Baru untuk Sukses Lewat Internet” sungguh sebuah tema yang menarik untuk dibahas, untuk itu pada kesempatan kali ini saya memberi judul postingan kali ini sebagai berikut Pemamfaatan Sosial Media Sebagai Media Promosi Bagi UMKM sebagai langkah baru memulai bisnis Kecil” 

pada penulisan kali ini saya akan membahas beberapa point saja.

  1. Apa itu Sosial Media dan Karakteristiknya.
  2. Fakta Penggunaan Media Sosial Di indonesia Bahkan di dunia.
  3. Seberapa Penting Sosial Media Sebagai Media Promosi Bisnis Bagi UMKM sebagai langkah baru memulai bisnis kecil.
  4. Bagaimana Memulai Strategi Promosi Produk dengan Sosial Media.
  5. Penyebab Kegagalan Promosi Produk Dengan Sosial Media.
  6. Kesimpulan Penulisan.

sebelum kita membahas lebih jauh tentang mamfaat sosial media sebagai media promosi produk bisnis bagi UMKM sebagai lahkah awal memulai bisnis dengan internet akan lebih baik kita memahami tentang sosial media itu sendiri secara singkat terlebih dahulu.Apa Itu Sosial Media dan Karakteristiknya

Apa sih sebenarnya Sosial Media itu? 
Menurut Rulli Nasrullah Sosial media itu adalah sebuah Medium didunia maya / internet yang memungkinkan pengguna mempresentasikan diri (bisa perseorangan, perusahaan, organisasi) maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain dan membentuk suatu ikatan sosial secara virtual.

sedangkan karakteristik dari sosial media itu sendiri secara umum adalah keterbukaan dialog antar pengguna. seperti diketahui sebelum munculnya sosial media kebanyakan orang berkomunikasi dengan cara sms lewat handphone saja, namun sekarang dengan adanya media sosial orang cenderung berkomunikasi dengan sosial media.

dengan kata lain sosial media lebih memperluas lingkaran pertemanan, pengenalan teman baru, organisasi, perusahaan  bahkan membangun sebuah bisnis dengan komunikasi, interaksi, kerja sama melalui sosial media itu sendiri.

Fakta Penggunaan Media Sosial Di indonesia Bahkan di dunia

kita tau bahwa sosial media sangat berpengaruh besar dari segala hal, baik dari segi positif maupun negatif . tergantung dari penggunakannya dan kali ini kita akan membahas dari sisi positif dari tentang sosial media sebagai media promosi bisnis.

Berdasarkan data We Are Social pada awal 2019 menunjukkan pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang. Itu artinya, sekitar 57 persen dari seluruh penduduk Indonesia sudah menggunakan sosial media dari jumlah total penduduk Indonesia sebesar 264 juta. Bukan tidak mungkin, angka ini akan terus bertambah mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat dari tahun ke tahun.

femamfaatan sosial media

sedangkan penggunaan sosial media didunia menurut data We Are Social dan Hootsuite bulan Juli 2019 mencapai 3 miliyar jiwa, dan juga dikatakan bahwa 46 persen atau hampir setengah dari total manusia dibumi adalah pengguna aktif sosial media dikutip dari Tekno.kompas.com.

Data We Are Social dan Hootsuite bulan Juli 2019 mencapai 3 miliyar jiwa

ungkapan ini menunjukan bahwa penggunaan sosial media di indonesia dan bahkan didunia sangat banyak sekali, tidak salah jika sosial media dijadikan media sebagai promosi bisnis produk unggulan yang efektif untuk usaha mikro, kecil dan menengah.

Seberapa Penting Sosial Media Sebagai Media Promosi Bisnis Bagi UMKM Sebagai Langkah Baru Memulai Bisnis Kecil.

Sekarang kita lihat seberapa penting sih sosial media sebagai media promosi produk Bisnis bagi UMKM sebagai langkah baru untuk memulai bisnis dengan internet ? ada beberapa alasan mengapa sosial media itu penting untuk media promosi produk UMKM adalah sebagai berikut:

  1. memalui Sosial media kita mampu membuka hubungan baru dan berinteraksi dan membahas suatu produk unggulan yang banyak terjual. riset penjualan terbanyak dengan sosial media, sharing pengetahuan dengan sosial media tentang internet marketing dll.
  2. membuat Konten yang Menarik sesuai dengan produk yang dibuat.
  3. membangun time work untuk meningkatkan reputasi branding dengan sosial media dengan memberikan penghargaan.
  4. memudahkan pelanggan atau pengunjung menenukan produk unggulan yang dibuat dengan kata kunci tertentu melaui sosial media.
  5. meningkatkan rangking SEO di mesin Pencari Google agar mudah iklan yang dipasang, agar direkomendasikan oleh mesin pencarian Google agar branding jadi terpecaya.
  6. memperluas jangkauan jaringan pelanggan melalui sosial media dengan banyak orang diindonesia bahkan didunia sekalipun.
  7. loyalitas dari pelanggan anda yang sudah bergabung atau membeli produk anda, mereka bisa merekomendasikan produk anda dilingkungan pertemanan mereka.

  berikut adalah beberapa alasan Pemamfaatan Sosial Media sosial itu penting sebagai media promosi produk bisnis untuk UMKM kecil, setelah itu kita baru menyusun strategi bagaimana memulai bisnis kecil-kecil yang bermodal kecil seperti UMKM pada pembahasan berikut ini.

Rekomendasi Hosting indonesia terbaik dan Hosting Murah Untuk Membangun Website untuk Bisnis.

Bagaimana Memulai Strategi Promosi Produk dengan Sosial Media


untuk memulai strategi produk bisnis dengan sosial media diperlukan beberapa hal yang harus dipahami adalah sebagai berikut: (simak dengan teliti)

  • Pemahaman Mengenai Sosial Media itu Sendiri Sebagai Media Promosi Produk.

jelas ini penting karena gimana mau mempromosikan produk jika tidak bisa bermain atau berselacar disosial media itu sendiri. bisa dikatakan bahwa ini wajib untuk semua pebisnis. tentu semua dari kalian sudah pintar untuk bersosial media semua ya.. tidak perlu di ragukan lagi.

Namun dalam hal ini yang perlu kalian perhatikan dalam menggunakan sosial media sebagai media promosi bisnis adalah sebagai berkut:

  1. membuat semenarik mungkin branding sosial media kalian agar pengunjung tidak bosan dengan tampilan page kalian.
  2. menulis deskripsi tentang indentitas branding kalian dengan sejelas jelasnya dan menarik.
  3. deskripsikan produk yang jelas dan menarik, mulai dari nama produk, deskripsi kegunaan produk, gambar yang menarik, cantumkan harga yang logis, pengiriman produk jika keluar daerah atau kota, tidak menggunakan kata kata kasar dan lain sebagainya.
  4. minimalkan iklan yang muncul, agar pelanggan betah berada di sosial media kamu dan melihat produk produk unggulan yang kamu buat di page kamu.
  5. mengusahakan fast respon kepada pelanggan yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, agar pelanggan tidak menunggu yang akan membuat bosan.
  • Membuat Produk Unggulan Yang Berbeda Dengan Yang lain.

buatlah produk bisnis Unggulan yang berbeda dengan yang lain dengan yang lain agar produk yang buat memiliki ciri khas tersendiri dan pelanggan mengetahui secara detail produk yang anda buat, baik itu makanan, pakaian dengan kualitas baik, accecories, perangkat laptop dengan kualitas original misalnya, dan masih banyak yang lainnya.

  • Menarik Pelanggan Potensial dengan beriklan.

jika kalian sudah benar benar memahami penggunaan media sosial sebagai media promosi kalian juga tidak salahnya menggunakan jasa iklan yang menarik, ini bertujuan agar pelanggan mengunjungi sosial media kalian.

ada banyak sekali jasa pengiklanan yang bisa kalian pakai mulai yang gratisan sampai dengan yang berbayar. dengan beriklan yang bagus kalian bisa menarik pelanggan agar tertarik untuk mengunjungi bisnis kalian.

  • Mementukan Target Produk Yang Akan Dipromosikan.

menentukan target produk yang akan dipromosikan merpakan suatu yang penting juga agak tidak terjadi salah target kepada pembeli anda. seperti targetkan usia pelanggan, jenis kelamin, lokasi dan target pendidikan agar mudah mencari pasar yang banyak membeli produk anda.

  • Membangun Interaksi Yang Baik Dengan Pelanggan.

ini juga baik dikarenakan jika membangun interaksi yang jelek maka pelanggan agar berfikir dua kali ingin membeli produk kalian, ini juga merupakan penilaian pelangan tentang pelayanan toko / marketplace sosial media kalian.

  • Membangun Kepercayaan Pelanggan 

ini juga salah satu penting untuk membangun kepercayaan pelanggan salah satunya menampilkan testimoni pembelian produk kalian di sosial media maupun website resmi yang kalian punya. ini juga bertujuan memberitahu pelanggan bahwa toko atau website marketpalce kamu benar benar memiliki produk yang berkualitas.

  • Analisa Pasar dan Pesaing Bisnis 

selain membangun kepercayaan terhadap produk yang kalian tawarkan, kalian harus mengerti dan paham tentang analisa pasar dan pesaing dari produk kalian, sehigga kalian bisa megetahui kelebihan dan kelurangan dari produk yang kalian tawarkan, siapa saja pesaing yang sama dengan produk kalian, mengetahui pasar mana yang bagus untuk promosi.

disamping itu kalian juga bisa mempelajari kesukaan konsumen itu apa, sehingga kalian bisa memperbaharui sistem pemasaran kalian, produk unggulan dan lain sebagainya, mengikuti pasar yang besar berpotensi meninggkatkan penjualan dan keungtungan.

Rekomendasi Hosting indonesia terbaik dan Hosting Murah Untuk Membangun Website untuk Bisnis.

Penyebab Kegagalan Promosi Produk Dengan Sosial Media

gagal bisnis internet

tidak semua berhasil dalam berbisnis dengan sosial media, ada juga kegalan dalam melakukan promosi dengan sosial media yang akan dibahas kali ini sebagai berikut:

  • Tidak Memiliki Perencaan Dalam Menggunakan Sosial Media.

jika kalian ingin memulai bisnis di internet alangkah baiknya kalian mempunya perencaan seperti, apa yang harus dilakukan diawa, pencarian produk apa yang mau di promosikan, sistem promosinya bagaimana, membuat branding sendiri atau organisasi, pemilihan sosial media yang cocok, menganalisa pasar dan produk unggulan yang ditawarkan, cara beriklan, sistem transaksi dan masih banyak lagi.

jika kalian tidak melakukan katakan riset awal maka kemungkinan besar page bisnis kalian akan cenderung gagal karena asal buat saja. dan tidak mempertimbangkan dengan matang produk unggulan yang kalian punya.

  • Salah Menetapkan Strategi dan Penggunaan Conten / Tulisan Maupun Video Yang Ditampilkan.

ini juga sesuatu yang sangat penting dalam berbisnis di internet, kenapa karena kejelasan produk / conten tulisan maupun video sangat berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. maka dari itu buat lah conten semenarik mungkin dan jelas dengan produk yang ditawarkan.

  • Tidak Berkomitmen Dengan Penggunaan Sosial Media Jangka Panjang.

jika kalian hanya sekali buat saja dan tidak mengupdate produk yang baru juga berpengaruh terhadap page yang kalian buat, disarankan kalian mengupdate produk terbaru yang kalian buat agar pengunjung betah dengan page produk yang kalian tawarkan.

  • Tidak Memiliki Deskripsi Produk atau Kurang Jelas Produknya.

sebisa mugkin membuat deskripsi produk yang sesuai dengan yang ditawarkan. jangan terlalu berlebihan dan kukurangan, buat sejelas mungkin produk yang klian tawarkan, lengkapi dengan gambar, vidio, harga yang relepan bahkan testimoni pelanggan sebelumnya agar meningkatkan kepercayaan pelanggan.

  • Terlalu Banyak Iklan Yang Membuat Pengunjung Bosan.

ini jelas akan membiungkan pelanggan, minimkan penggunaan iklan pada page kalian dan susun lah produk sesuai dengan tatanan yang menarik agar mudah dilihat.

  • Produk Tidak Sesuai Dengan Yang Ditampilkan Di Sosial Media.

ini merupakan salah satu faktor utama yang membuat Bisnis kalian gagal total, mengapa karena produk yang kalian tampilkan dengan yang asli tidak sesuai sehingga tingkat kepercayaan pelanggan berkurang bahkan hilang.

disarankan tampilkan lah produk dengan sesuai kegunaan, gambar dan lain lainnya, jangan membohongi pelanggan dengan produk yang bagus dan hasil yang jelek ya…

  • Tidak Mengerti Analisa Pasar Dan Pesaing Bisnis.

setelah itu kalian analisa pasar untuk produk unggulan kalian dan siapa saja pesaing dengan produk yang sama, ini bertujuan agar produk kalian memenangkan pasar walaupun dengan produk yang sama sehingga mendapatkan keungtungan yang banyak.

jika kalian tidak mengerti akan hal ini maka cenderung bisnis kalian akam mengalami kegagalan. ada banyak sekali tools yang bisa klian gunakan untuk meriset pasar. salah satunya google tren, kalian bisa gunakan untuk mencari pasar dan lain lain.

Kesimpulan Penulisan

Pemamfaatan Sosial Media sebagai media promosi akan mempermudah pembisnis kecil dalam meningkatkan pendapatan dengan strategi yang telah disebutkan diatas, silahkan lakukan Pemamfaatan Sosial Media dengan maksimal dalam promosi, tingkatkan keprcayaan tentang produk unggulan bisnis yang kalian tawarkan, dan yang terpenting selau konsisten dengan apa yang kalian kerjakan.

saya kira itu saja penjelasan mengenai Pemamfaatan Sosial Media Sebagai Media Promosi Bisnis bagi UMKM ini, dan semoga artikel ini bermamfaaat tidak hanya untuk Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) saja, ini juga ditujukan untuk semua pebisnis yang menggunakan Pemamfaatan Sosial Media sebagai media promosi. dan semoga artikel ini menang dalam perlombaan .. hehehehe

akhir kata dari saya Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rekomendasi Hosting indonesia terbaik dan Hosting Murah Untuk Membangun Website untuk Bisnis.

Referensi Penulisan

Buku

 Link:

https://www.liputan6.com/tekno/read/3939443/7-fakta-mengejutkan-soal-pengguna-media-sosial-di-indonesia#:~:text=Berdasarkan%20data%20We%20Are%20Social,penduduk%20Indonesia%20sebesar%20264%20juta.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/20/16370017/hampir-setengah-penduduk-bumi-sudah-melek-media sosial#:~:text=KOMPAS.com%20%2D%20Lebih%20dari%203,di%20dunia%20mencapai%203%20miliar.

Belum ada Komentar untuk "Pemamfaatan Sosial Media Sebagai Media Promosi Bagi UMKM"

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkomentar Diblog Ini !!!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel